Cara menentukan ukuran kertas output Office word 2007



Membuat pekerjaan dokumen pada microsoft Office Word, jika ingin mendapatkan hasil output yang benar-benar matching dengan yang tampak pada layar monitor anda, membutuhkan pengaturan yang pas. Tetapi biasanya bagi kebanyakan orang mengabaikan ini, maka hasilnyapun tidak matching dengan yang tampak pada layar pekerjaan.

Kebanyakan, kasus yang saya temui pengaturan pada Page Layout > Size diabaikan. Padahal di sana ada banyak pengaturan ukuran kertas, baik A4, Letter, Legal dan sebagainya, yang tentunya ukurannnya berbeda-beda. Untuk itu, biasakan mengatur Page Layout sebelum memulai pekerjaan anda. Jika anda sudah mengatur Page Layoutnya, saat dokumen siap diprint anda tinggal menyesuaikan dengan pengaturan kertas pada print outputnya.

Bagi anda yang belum paham ikuti langkahnya sebagai berikut:
A. Pengaturan dokumen.
1. Buka microsoft Office Word 2007 anda.
2. Klik Page Layout pilih Size, lalu pilih kertas yang nantinya akan anda sesuaikan dengan print output. Jika anda kurang yakin dengan kertas yang anda gunakan, coba anda ukur dengan penggaris berapa cm kertas yang anda gunakan.
Cara menentukan ukuran kertas output Office word 2007
3. Jika kertas yang anda gunakan ternyata tidak tersedia pada pilihan size, anda pilih More Paper Size. Setelah muncul jendela baru Page Setup, pada tab Paper pilih Costum Size. Silahkan anda masukkan secara manual ukuran kertas yang anda gunakan.

Misalnya kita akan menggunakan kertas F4, maka pada Width isikan 21,5 cm dan Height isikan 33 cm.
Ingat ukuran F4 di atas, karena nanti akan anda gunakan untuk penyesuaian kertas pada pilihan print. Jika sudah klik OK.
Cara menentukan ukuran kertas output Office word 2007
B. Pengaturan Printer
Sampai langkah ini, jika pekerjaan anda sudah selesai dan siap diprint, maka pengaturan penyesuaiannya seperti di bawah ini:

1. Klik Office button, lalu pilih Print, atau langkah cepat tekan Ctrl+P pada keyboard anda.
2. Pilih print yang akan anda gunakan jika menggunakan lebih dari 1 printer. Lalu pilih Properties.
3. Pada pilihan Size jika anda menggunakan printer Epson pilih User Defined. Tapi jika anda menggunakan printer Canon/HP biasanya Costum size.
Cara menentukan ukuran kertas output Office word 2007
4. Pada jendela munculan User Defined Paper size, pada kotak Paper Size Name beri nama F4. Pada Unit pilih 0.001 cm, lalu tekan OK.
Cara menentukan ukuran kertas output Office word 2007
5. Nah, sekarang dokumen anda siap diprintout dengan hasil yang matching. Untuk pembuktian bahwa printout benar-benar matching silahkan anda coba print 1 page saja, dan lihat dengan teliti. Jika pengaturan anda sudah benar saya yakin hasilnya pasti seperti yang anda inginkan.
"Selamat mencoba"