Sebab dan cara mengatasi R230 blinking


r230 blinking
Epson R230 memang terbilang handal untuk ukuran sebuah printer. Meski harganya memang 2x lipat dari printer lainnya, namun tentunya keunggulan tetap mendominasi printer cetak photo yang satu ini. Selain cara menanggulangi permasalahan yang timbul lebih mudah, hasil outputnya jauh lebih bagus jika dibanding dengan printer yang lain. Karena printer ini menggunakan 6 jenis warna, maka kepadatan gambar yang dihasilkan maksimal. Untuk outputnya bisa diatur menurut keinginan, mulai dari kualitas rendah hingga kualitas photo maksimal.

Namun bukan berarti printer yang satu ini tidak mempunyai kelemahan. Misalnya saja roll penarik kertasnya. Berdasarkan dari pengalaman sendiri, melihat dan menanyakan kepada teman-teman yang menggunakannya, semuanya mengatakan permasalahan yang sama. Bahwa roll printer ini mudah los, tidak mau menarik kertas saat kita memerintahkannya untuk mengeprint.

Selain itu, printer yang satu ini seringkali blinking. Apa itu blinking? Printer berhenti bekerja dan tanpa bereaksi dengan mengisyaratkan tanda lampu merah berkedip. Kedipan ini berbeda-beda menurut permasalahan yang sedang terjadi. Ada banyak sekali mengapa printer ini bisa blinking. Karena kehabisan tinta, sensor pencetak cover CD terbuka, head dibanjiri tinta atau tertutup sesuatu benda dan sebagainya.

Sebenarnya, jika kita mau belajar menyelesaikan berbagai permasalahan ringan seperti blinking, Epson menyediakan operator khusus yang melayani keluhan konsumen. Saya pernah menghubungi sekali dan karena tutornya, akhirnya berhasil. Coba anda buka buku panduan yang disertakan ketika membeli printer tersebut. Di sana disediakan nomer telefon. Tetapi, saya menyarankan jika permasalahan yang terjadi ringan-ringan saja. Namun jika anda tidak mempunyai pengetahuan yang cukup bisa-bisa printer anda jadi rusak berat he hee..., lebih baik dibawa ke bengkel printer saja.

Tetapi terserah anda juga, terkadang suatu permasalahan justru menjadikan suatu tersendiri bagi seseorang. Dan karena sering otak-atik akhirnya mendapatkan ilmu baru yang tanpa disengaja. Seperti yang pernah saya alami, printer saya tiba-tiba saja blinking. Lampu tinta dan Resume menyala dengan cepat, lihatlah ilustrasi gambar di atas. Saya kira masalah ini terjadi karena tinta tidak mau nyedot, maka saya coba matikan lalu dihidupkan kembali berkali-kali. Ternyata tindakan ini tak berpengaruh.

Karena jengkel, langsung saja saya tanya pada mbah google, kenapa ya kok bisa blinking? Namun sebelum saya terbang lebih jauh saya coba mengingat apa yang saya lakukan sebelum printer ini berhenti bekerja. Teringat bahwa sebelumnya saya gagal ngeprint 3 kali karena rollnya tidak mau menarik kertas, maka saya mencari artikel yang berhubungan dengan hal itu.

Alhasil, saya tertarik pada sebuah kalimat bahwa printer R230 akan blinking dan berhenti bekerja ketika dibanjiri tinta. Lalu saya berfikir, berarti kegagalan ngeprint saya 3 kali tadi mungkin saja menyebabkan head printer kebanjiran tinta. Ada harapan untuk tidak membawanya ke bengkel he he..

Lalu saya bergegas membeli 1 bungkus tisu. Setelah itu, printer saya buka tanpa menghubungkannya dengan listrik maupun komputer. Kenapa? Karena saya akan mencoba membersihkan headnya tanpa harus membongkar bagian-bagian tertentu. Saya ambil tisu, lalu saya masukkan tisu tersebut dari samping kiri ke bawah tinta dalam printer. Kemudian kotak tinta saya geser dan dari sisi kanan bawah saya lakukan hal yang sama.

Setelah beberapa saat, printer saya hubungkan dengan listrik. Alhamdulillah, printer berjalan dan mau menyedot tinta. Saya coba test dengan ngeprint, eh lancar. Nah, dengan ini semoga sobat yang mengalami hal serupa adabaiknya mencobanya sebelum merogoh kocek anda. Namun, tidak tertutup kemungkinan blinkingnya printer R230 karena hal yang lain seperti yang saya sebutkan di atas. Jadi, lihatlah secara seksama sebelum anda mengambil tindakan. Semoga membantu.

Lihat R230 blinking lainnya dalam tutorial video di bawah ini:


Langganan

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner